e-learning

 
  MAKSUD DAN TUJUAN
 
1.
Meningkatkan efektivitas belajar bagi seluruh karyawan.
 
2.
Mengefisienkan waktu yang digunakan dalam proses belajar.
 
3.
Mempermudah penyampaian materi bagi seluruh karyawan yang berada di luar kota.
 
4.
Memangkas biaya pengembangan SDM perusahaan sehingga anggaran dapat dialokasikan ke ranah lain yang lebih membutuhkan serta meningkatkan revenue perusahaan
 
 

SOLUSI
Untuk mencapai tujuan yang dimaksud, dibangunlah sebuah e-Learning berbasis internet/ website. Hal ini agar materi pembelajaran yang akan disampaikan dapat diakses/ di-download oleh seluruh karyawan dimanapun mereka berada.

Desain Model Sistem Instruksional. Merupakan rangkaian proses yang digunakan sebagai pedoman oleh Instructional Designers untuk membangun sebuah pelatihan dan perangkat pendukungnya yang efektif, dinamis dan mendukung kinerja pelatihan itu sendiri.

 
 
Tahap - tahap pembangunan E-Learning, yaitu:
 
1.
Analysis ( analisa)
Merupakan tahap untuk mengindentifikasi hal-hal yang berhubungan dengan proses belajar, seperti kebutuhan dan tujuan dari pelatihan perusahaan, kebutuhan dari peserta pelatihan, karakteristik peserta dan lingkunganya, kemampuan peserta, batasan-batasan perusahaan, pilihan cara penyampaian, dan lamanya waktu yang akan digunakan.
 
2.
Design ( perancangan)
Merupakan tahap untuk menetapkan sasaran dari proses pelatihan/ pembelajaran. Storyboard dan bentuk dasar dari pelatihan dibuat pada tahap ini, meliputi visualisasi, kecocokan perangkat dan desain grafis untuk pengguna, serta isi dari materi pelatihan ditentukan pada tahap ini.
   
3.
Development ( pengembangan)
Merupakan tahap dimana isi dan materi pelatihan mulai diproduksi berdasarkan hasil dari tahap Design.Meliputi pembuatan struktur pelatihan, isi materi, tugas-tugas, dan penilaian.
   
4.
Implementation ( eksekusi)
Merupakan tahap dimana produk e-learning mulai digunakan untuk pengajaran dalam pelatihan. Meliputi peninjauan hasil pelatihan dari produk tersebut, harapan, interaksi dengan pengguna, dan feedback dari pengguna sebagai bahan evaluasi.
   
5.
Evaluation ( evaluasi/ umpan balik)
Merupakan tahap evaluasi dari proses pembuatan produk. Juga evaluasi terhadap penggunaan produk untuk pelatiham.Meliputi evaluasi pencapaian peserta sesuai hasil yang diharapkan atau tidak, apa yang dipelajari, dan bagaimana agar pelatihan dapat mencapai hasil lebih baik lagi.
   
 
Selain itu, aplikasi e-Learning dikenal dengan istilah LMS ( Learning Management System) . LMS adalah aplikasi terintegrasi yang berbasiskan internet yang dilengkapi dengan fungsi-fungsi untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh.